Tugas ISD ke-8

Nama : Sandi Duta Maulana
NPM : 1B117040
Kelas : 1KA20

Soal :
A.
  1. Apa yang anda ketahui tentang Stratifikasi atau pelapisan sosial ?
  2. Jelaskan beberapa teori pelapisan sosial menurut para ahli minimal 3 (tiga) ?
  3. Apa yang menyebabkan terjadinya pelapisan sosial ?
  4. Bagaimana menurut anda menyikapi stratifikasi atau pelapisan sosial ?
B.
  1. Apa yang anda ketahui tentang Persamaan Derajat di Indonesia ?
  2. Jelaskan Persamaan hak azasi manusia menurut Declaration of Human Right ?
C.
  1. Apa yang anda ketahui tentang Elite & Massa ?

Jawab :
A.
  1. Pelapisan sosial secara dapat diartikan sebagai pembedaan atau pengelompokan anggota masyarakat secara vertikal. Stratifikasi sosial merupakan gejal sosial yang sifatnya umum pada setiap masyarakat.
  2. Teori Pelapisan Sosial :
    • Pitirim A. Sorokin dalam karangannya yang berjudul “Social Stratification” mengatakan bahwa sistem lapisan dalam masyarakat itu merupakan ciri yang tetap dan umum dalam masyarakat yang hidup teratur.
    • Stratifikasi sosial menurut Drs. Robert M.Z. Lawang adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.
    • Statifikasi sosial menurut Max Weber adalah stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.
  3. Faktor-faktor penyebabnya adalah kemampuan atau kepandaian, umur, fisik, jenis kelamin, sifat keaslian anggota masyarakat, dan harta benda. Kondisi yang mendorong terciptanya stratifikasi sosial dalam masyarakat menurut Huky (1982) adalah:
    1. Perbedaan ras dan budaya
    2. Pembagian tugas yang terspesialisasi
    3. Kelangkaan
  4. Menurut saya sebaiknya menyikapi dengan bijak. Setelah mengamati dan memahami bagaimana stratifikasi sosial berada di masyarakat, stratifikasi sosial baik-baik saja asalkan masyarakat tetap memegang teguh pedoman norma-norma yang berlaku.
B.
  1. Persamaan Derajat adalah persamaan nilai, harga, taraf yang membedakan makhluk yang satudengan makhluk yang lain. Dengan adanya persamaan harkat, derajat dan martabat manusia, setiap orang harusmengakui serta menghormati akan adanya hak-hak, derajat dan martabat manusia.
  2. Persamaannya bahwa setiap orang mempunyai hak :
    • Kemerdekaan dan keamanan badan
    • Diakui kepribadiannya
    • Memperoleh pengakuan yang sama dengan orang lain menurut hukum untuk mendapat jaminan hukum dalam perkara pidana, seperti diperiksa di muka umum, dianggap tidak bersalah kecuali ada bukti yang sah
C.
  1. Yang saya ketahui :
    • Pengertian Elite : Dalam pengertian yang umum elite itu menunjuk sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi.
    • Pengertian Massa : Istilah massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yanag secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain.
Referensi :
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment