Tugas ISD ke-1

Nama : Sandi Duta Maulana
NPM : 1B117040
Kelas : 1KA20
Soal :
  1. Sebagai mahasiswa, apa yang anda ketahui tentang tujuan mempelajari ilmu sosial dasar
  2. Bagaimana anda menyikapi keanekaragaman kehidupan social budaya yang ada di negara Indonesia
  3. Peka terhadap masalah social adalah salah satu tujuan mempelajari mata kuliah isd, berikan penjelasan dan contohnya
Jawab :
  1. Tujuan mempelajari ilmu sosial dasar adalah sebagai berikut:
    • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
    • Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
    • Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
    • Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
  2. Saya menyikapinya dengan bertindak biasa saja dan menghormati semua kalangan. Tidak ada sikap bias dalam memperlakukan seseorang berdasarkan suku dan ras nya.
  3. Peka terhadap masalah sosial membuat mahasiswa menjadi mudah merasakan apa yang sedang terjadi dilingkungan sosialnya. Sehingga mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat sebaiknya melakukan hal-hal yang dapat membantu mengatasi permasalahan sosial. Contohnya adalah pada saat saya sedang berkendara sepeda motor. Sebagai pengendara saya akan menghormati hak-hak pengguna jalan lainnya, termasuk hak pejalan kaki. Saya tidak akan mengendarai motor di atas trotoar dan berhenti di atas zebra cross karena saya tahu itu menganggu kenyamanan pejalan kaki. Masalah yang ditimbulkan karena hal sepele seperti itu contohnya ada demo koalisi pejalan kaki yang menyoalkan banyaknya pengendara motor yang bandel berjalan di atas trotoar padahal trotoar adalah area pejalan kaki.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment