Tugas ISD ke-10

Nama : Sandi Duta Maulana
NPM : 1B117040
Kelas : 1KA20

Soal :

  1. Apa yang anda ketahui tentang Prasangka dan Diskriminasi?
  2. Apa yang anda ketahui tentang Etnosentrisme?
  3. Bagaimana upaya untuk mengurangi atau menghilangkan prasangka & diskriminasi?
Jawab :
  1. Yang saya ketahui tentang :
    • Prasangka berarti membuat keputusan sebelum mengetahui fakta yang relevan mengenai objek tersebut. Awalnya istilah ini merujuk pada penilaian berdasar ras seseorang sebelum memiliki informasi yang relevan yang bisa dijadikan dasar penilaian tersebut. Selanjutnya prasangka juga diterapkan pada bidang lain selain ras. Pengertiannya sekarang menjadi sikap yang tidak masuk akal yang tidak terpengaruh oleh alasan rasional. 
    • Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusia untuk membeda-bedakan yang lain 
  2. Etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budaya sendiri. Orang-orang etnosentris menilai kelompok lain relatif terhadap kelompok atau kebudayaannya sendiri, khususnya bila berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan, dan agama. Perbedaan dan pembagian etnis ini mendefinisikan kekhasan identitas budaya setiap suku bangsa. Etnosentrisme mungkin tampak atau tidak tampak, dan meski dianggap sebagai kecenderungan alamiah dari psikologi manusia, etnosentrisme memiliki konotasi negatif di dalam masyarakat.
  3. Upaya untuk menghilangkan prasangka dan diskriminasi dimulai dari sendiri adalah dengan membuka pikiran kita. Manusia adalah makhluk yang pada dasarnya adalah sama, meskipun memiliki perbedaan di permukaannya . Kita harus membuka pikiran kita bahwa kalau kita melihat seseorang dan menganggap dia berbeda dari kaum kita, apakah dia juga berpikiran sama terhadap kita? Kita adalah orang yang berbeda dengan kaumnya. Oleh karena itu, untuk memutus rantai perlakuan diskriminasi dan prasangka yang memiliki konotasi "negatif", kita harus bersikap adil dan menghilangkan prasangka yang biasanya negatif terhadap orang yang baru kita lihat. Berbuat baiklah kepada semua orang karena itu tidak merugikan, malah menguntungkan karena orang-orang akan menyadari siapa kita melalui perbuatan kita. 
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment