Tutorial Adobe Photoshop - Seleksi Warna

Kali ini saya membuat tulisan mengenai bagaimana membuat sebuah foto bagian warnanya terfokus hanya pada objek foto namun latar belakangnya menjadi hitam-putih. Contohnya ada pada foto berikut.

Saya menggunakan foto saya sendiri saat sedang berada di kaki Gunung Gede-Pangrango. Versi Photoshop yang saya gunakan adalah Adobe Photoshop CC 2014.

1. Pertama-tama setelah membuka photoshop mari buka foto yang diinginkan untuk di edit. Bisa dengan menekan tombol File lalu pilih Open atau dengan Ctrl+O.



2. Setelah itu copy layer background. Pada layer Background di klik kanan lalu pilih duplicate layer atau dengan menekan Ctrl+J.


3. Setelah itu layer Background copy dibuat menjadi berwarna hitam putih. Caranya dengan memilih adjustment black and white di menubar Image.
Setelah itu klik OK.


4. Kemudian di layer Background copy yang telah berwarna hitam-putih ditambah dengan layer mask.


Layer mask berguna untuk mengoreksi saat ada kesalahan penyeleksian warna.

5. Setelah di tambah layer mask, lalu saatnya menghapus bagian warna hitam-putih di objek foto tadi. Di toolbox sebelah kiri pilih Eraser Tool atau dengan menekan E. Lalu atur ukuran radius dari eraser.


6. Hapus dengan teliti pada objek foto tadi.

Jika saat pada menghapus terjadi kesalahan seperti ini.


Maka pada bagian background diubah/ditukar, yang semula hitam menjadi putih, dengan menekan tombol X. Lalu sapukan lagi eraser tool di bagian yang salah tadi sehingga menjadi seperti ini.

7. Jika sudah maka hasilnya akan menjadi seperti ini.

Jika sudah selesai bisa langsung di Save As dengan format .jpeg

Sekian tutorial dari saya. 

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment